Loading...

Inilah Hukumnya Bersedekah Tanpa Seizin Suami

Sponsored Links
Loading...
Loading...
Seorang istri adalah tanggung jawab suami, juga mendapatkan nafkah serta mengelola harta suaminya secara amanah. Termasuk dalam perkara ini adalah saat seorang istri bersedekah dari harta suaminya, hendaklah dia izin terlebih dahulu. Berdasarkan dalil yang diriwayatkan dari Abu Umamah Al-Bahili r.a., dia berkata aku mendengar Rasulullah Saw. berkhutbah pada Haji Wada'. Beliau bersabda, "Seorang istri tidak diperkenankan menafkahkan sesuatu yang ada dirumah suaminya kecuali dengan seizinnya." Seseorang bertanya, "Ya Rasulullah, bagaimana dengan makanan?" Beliau menjawab, "Makanan merupakan harta kita paling utama" (HR Tirmidzi, Ibnu Majah, dan Ahmad).

Namun, ada juga pendapat yang membolehkan bersedekah tanpa harus izin suami asal bukan barang berharga, dan diyakini tidak menimbulkan konflik dikemudian hari, sebagaimana hadis yang diriwayatkan oleh Aisyah r.a. bahwa Rasulullah Saw. bersabda, "Jika seorang perempuan menafkahkan sebagian makanan yang ada dirumahnya, yang tidak akan menimbulkan masalah, dia memperoleh pahala atas sedekahnya, suami memperoleh pahala atas usahanya, dan penjaga rumah juga mendapat pahala yang sama. Sebagian mereka tidak mengurangi sedikit pun pahala sebagian yang lain" (HR Bukhari dan Muslim).

Pendapat diatas berbeda jika istri memiliki harta pribadi yang dia dapat sewaktu bekerja atau mendapat warisan dari keluarga, misalnya tidak diwajibkan harus meminta izin suami. Menurut Ibnu Al-Arabi, "Para ulama zaman dulu berbeda pendapat mengenai perempuan yang menyedekahkan harta yang ada dirumah suaminya. Sebagian membolehkan bila yang disedekahkan bukan barang berharga sehingga ketiadaannya tidak mengurangi sesuatu dirumah. Sebagian lain mensyaratkan adanya izin suami, Walaupun tidak terperinci, sebagaimana pendapat Bukhari. Selanjutnya, para ulama bersepakat mengenai persyaratan bahwa sedekah yang diberikan tidak menyebabkan masalah dalam rumah tangga."


CAR,HOME,DESIGN,HEALTH,FOREX,LIFEINSURANCE,TAXES,INVESTING,BONDS,ONLINETRADING,SEO
Sponsored Links
Loading...
loading...
SHARE
Sponsored Links
Loading...

admin

admin.

  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
Loading...
    Blogger Comment
    Facebook Comment
Loading...
Loading...
Loading...