Loading...

JANGAN DIGARUK YA !! Sering Gatal? Begini Cara Mengatasinya!

Sponsored Links
Loading...
Loading...


atasi Gatal Pada Selangkangan. Saat terasa gatal pada daerah kemaluan, sebenarnya tidak dianjurkan untuk menggaruk apalagi ditempat umum. Selain tidak enak dipandang karena tampak tidak sopan, menggaruk selangkangan bisa membikin lecet dan memperburuk gatalnya. Kuman dan jamur adalah penyebab utama munculnya gatal-gatal pada bagian tubuh, termasuk pada bagian selangkangan, tempat yang sering ditempati jamur. Disamping karena jamur, bisa juga disebabkan karena alergi dengan makanan yang di konsumsi, misalnya ikan tongkol, udang, telur, ikan asin dan sebagainya.


Daerah selangkangan merupakan bagian yang sangat sensitif bagi tubuh manusia. Hal ini menjadi wajar mengingat daerah selangkangan ini selalu tertutup seharian penuh yang membuat daerah ini menjadi sangat lembab. Namun, dikarenakan kelembabannya, daerah selangkangan menjadi rawan untuk terkena gatal-gatal. Sebenarnya hal ini sangat mudah dicari solusinya, yakni cukup dengan menggaruknya. Namun, hal ini tentu saja tidak dapat dengan mudah dilakukan jika kita berada di tempat umum atau diwaktu-waktu dimana tidak sopan untuk menggaruk area sensitif tersebut meskipun rasanya tidak tertahankan.

Selain itu, menjaga kondisi fisik tetap bersih dan sehat, adalah salah satu cara untuk mencegah timbulnya gatal-gatal pada selangkangan maupun daerah lain pada tubuh. Daya tahan tubuh yang lemah memudahkan penyakit menyerang termasuk jamur atau bakteri penyebab gatal.

Jika memang sudah terlanjur terkena gatal memang agak sedikit sulit cara penanganannya, meski tidak berarti tidak bisa disembuhkan. Berikut ini ada beberapa cara yang bisa anda coba :

Mengatasi Gatal Pada Selangkangan

Mencuci pangkal paha dan pantat dan sekitar dubur dengan air sabun setelah olahraga yang mengeluarkan keringat berlebihan.

Cara lain untuk mengatasi pertumbuhan jamur pada selangkangan paha dengan menggosokkan daun sirih pada permukaan kulit yang gatal, anda juga dapat
mengekstrak daun sirih sebagai bahan bilas pada lipatan kulit anda. Mandi minimal 2 kali sehari dengan menggunakan sabun antiseptik untuk mengurangi pertumbuhan  bakteri ataupun jamur pada selangkangan. Perhatikan selama proses penyembuhan, gunakan celana dalam yang mudah menyerap keringat agar kulit pada pangkal paha tidak lembab.




Gunakan Krim, Salep atau Bedak Anti Jamur

Oleskan salep atau krim yang mengandung 1% hidrokortison pada daerah selangkangan anda, setidaknya 2 kali sehari, idealnya adalah sehabis mandi. Krim anti jamur ini bisa dengan mudah anda dapatkan di apotik atau toko obat biasa tanpa resep dokter. Terapkan pola ini selama seminggu atau lebih, hingga rasa gatal hilang dari selangkangan.

Jangan Menggaruk Kulit yang Gatal

Tahan keinginan anda untuk menggaruk selangkangan yang gatal, menggaruk akan semakin mengiritasi kulit, bahkan bisa menyebabkan infeksi. Jika bisa, untuk meringankan rasa gatal anda bisa menyiram dengan air dingin. Selain itu, potong kuku jari tangan atau gunakan sarung tangan saat tidur, untuk mencegah anda menggaruk tanpa sadar ketika tidur.

Pastikan Daerah Selangkangan Selalu Bersih

Berikan perhatian khusus pada daerah selangkangan anda. Setelah mandi keringkan daerah selangkangan dengan cara menepuk-nepuknya dengan menggunakan handuk. Lakukan dengan cara lembut hingga selangkangan benar-benar kering.

Demikianlah artikel penyebab gatal pada selangkangan semoga bermanfaat. Dan yang paling penting jagalah selalu kebersihan tubuh anda terutama didaerah selangkangan agar terhindar dari penyakit gatal-gatal.
Sponsored Links
Loading...
loading...
SHARE
Sponsored Links
Loading...

admin

admin.

  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
Loading...
    Blogger Comment
    Facebook Comment
Loading...
Loading...
Loading...