Manfaat Dan Bahaya Sinar Matahari Bagi Kesehatan

Sponsored Links
Manfaat Dan Bahaya Sinar Matahari Bagi Kesehatan
Manfaat Dan Bahaya Sinar Matahari Bagi Kesehatan. Matahari atau sinar UV ini memang sangat bermanfaat bagi makhluk hidup di bumi. Sinar matahari merupakan sumber kehidupan bagi kehidupan di bumi. Banyak manfaat dari sinar matahari ini dan pasti ada sebaliknya, namun apakah kalian tau manfaat dan bahaya sinar matahari bagi kesehatan?
  
Penasaran kan? Di bawah ini saya akan sedikit menjelaskan tentang Manfaat Dan Bahaya Sinar Matahari Bagi Kesehatan antara lain.

Bahaya Sinar Matahari

  1. Sebagai sumber kehidupan makhluk hidup dibumi, tiada makhluk hidup yang tidak butuh sinar matahari apalagi manusia, manusia sangat butuh sinar matahari untuk mereka tetap hidup secara normal dan sinar matahari pagi sangat baik untuk kesehatan manusia.
      
  2. Menyembuhkan berbagai macam penyakit, untuk sebagian orang yang terkena penyakit tertentu diwajibkan untuk terkena sinar matahari, terutama sinar matahari pagi. Sinar matahri pagi ini sangat baik untuk orang orang yang kekurangan vitamin D, sinar matahari pagi dapat menyembuhkan orang yang kekurangan vitamin D.
      
  3. Membakar lemak pada tubuh, manfaat sinar matahari bagi kesehatan salah satunya adalah membakar lemak pada tubuh. Sinar matahari sangat cocok bagi orang yang sedang diet. Dengan melakukan olahraga seperti lari dan sepeda pada jam 2-4 sore, lemak anda akan terbakar dan diet anda pasti berjalan lancar berkat sinar matahari.
      
  4. Mencegah kanker, nah sinar matahari yang bersinar sedang juga bermanfaat untuk mencegah kanker, karena vitamin D yang ada pada matahari sangat baik untuk kesehatan, maka sinar matahari bisa mencegah penyakit kanker kulit, payudara dan lain sebagainya.

Bahaya dari Sinar Matahari

  1. Membakar kulit
    Sinar matahari yang panas dan berlebihan bisa menyebabkan kulit anda terbakar, ini dikarenakan efek dari sinar UVB tersebut mengakibatkan reaksi sel daya tahan tubuh yang berada pada kulit melepaskan histamine dalam jumlah yang tidak sedikit , histamine tersebut akan mengakibatkan pembuluh darah bengkak dan terjadi peradangan yang cukup serius dan jika itu sampai terjadi kulit akan mengelupas dan terjadinya kulit mati.
      
  2. Menyebabkan bintik-bintik kecoklatan pada kulit
    Jika terlalu lama dibawah paparan sinar matahari akan menimbulkan bintik coklat pada tubuh dan jika terus menerus anda berada dibawah sinar matahari yang suhunya sangat panas akan mengakibatkan kanker karsinoma sel basal. Namun kanker jenis ini tidak ganas alias jinak, bisa disembuhkan melalui saran dokter spesialis kulit. Tapi ingat tetap hati-hati dengan sinar matahari yang suhunya diatas normal ya, karena itu bisa membahayakan kesehatan anda.
      
  3. Sinar matahari bisa menyebabkan penuaan dini
    Hal ini memang disebabkan karena paparan sinar matahari ber efek buruk jika berlama-lama. Seperti halnya pak petani dan orang kantoran, dalam umur yang sama namun wajah mereka sangat jauh berbeda, pak petani akan terlihat tua dan berkulit hitam dibanding orang kantoran ini disebabkan paparan sinar matahri sangat berdampak buruk bagi kesehatan kulit anda, namun biasanya pak petani lebih kuat dan lebih sehat ketimbang orang dikatoran tersebut karena sinar matahari juga berdampak positif pada kesehatan tubuh. Tidak hanya manusia namun semua makhluk hidup.
      
  4. Membuat kulit wajah hitam dan kusam
    Memang benar adanya bahwa terlalu lama dibawah sianr uv akan mengakibatkan kulit menjadi rusak karena yang semula mulus menjadi kasar, yang semula putih menjadi hitam dan belang, yang semula bersih tanpa jerawat juga bisa berjerawat, hal ini sanagt jelas jika sinar matahari sangat membahayakan kesehatan kulit tubuh terutama untuk kecantikan.  
Itulah yang bisa saya jelaskan tentang Manfaat Dan Bahaya Sinar Matahari Bagi Kesehatan. Sebenarnya masih ada banyak manfaat serta bahaya lainnya yang dapat anda jadikan refesensi. Semoga artikel yang saya tulis bermanfaat untuk wawasan anda.
Sponsored Links
loading...
SHARE
Sponsored Links

admin

admin.

  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
Loading...
    Blogger Comment
    Facebook Comment

Blog Archive